Mojang Jajaka

Di wilayah tata Sunda pemuda dan pemudinya kerap disebut dengan mojang dan jajaka. Jajaka sunda yang berwibawa, waspada dan gagah berani atau tegas adalah modal awal membangun wilayah Nusantara yang berkeadilan dan berkesejahteraan. Adapun mojang sunda adalah partner dari jajaka yang mestinya mencerminkan kreativitas seorang perempuan dalam membangun kedaulatan daerahnya dan negeri Indonesia. Maka, eksistensi mojang dan jajak semestinya bias memberikan secercah cahaya perbaikan, khususnya bagi warga Jawa Barat, umumnya bagi seluruh rahyat Indonesia.

mojang jajaka purwakarta 2021

Salah satu agenda tahunan adalah dengan adanya Penyelenggaraan Pasanggiri Mojan dan Jajaka, kegiatan ini pada hakekatnya adalah bagian dari upaya membangkitkan gerakan kebudayaan di Jawa Barat menuju perwujudan mayarakat berbudaya.Upaya itu merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita bersama: pemerintah (daerah), pihak swasta maupun masyarakat. Pasanggiri mojang dan jajaka merupakan sebuah peristiwa budaya. Maka, kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan sosok-sosok nonoman Sunda yang ideal untuk merepresentasikan manusia Jawa Barat: cageur, bageur, bener, dan pinter.

Pasanggiri ini lebih menekankan pada aspek kualilatif, sebagai langkah lanjutan dari kegiatan serupa yang telah berlangsung puluhan tahun. Dengan intropeksi tanpa henti, kiranya peristiwa penting ini dapat dijadikan wahana untuk semakin menunjukan kesadaran akan kewajiban dan tanggungjawab masyarakat Jawa Barat terhadap upaya perwujudan masyarakat berbudaya.